oleh

Kurangi stres dengan lari pagi

Udara pagi yang masih segar pastinya sangat disayangkan untuk dilewatkan. Keindahan tersebut dapat Anda nikmati dengan berolahraga seperti berlari di pagi hari. Lari pagi merupakan salah satu olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya.


Tentunya ada banyak hambatan yang dirasakan sebagian orang seperti sulitnya untuk bangun pagi atau di masa pandemi seperti ini terbatasnya ruang gerak untuk menghindari kerumunan. Tetapi hal tersebut bisa Anda atasi apabila mengetahui betapa banyaknya manfaat lari pagi yang bisa didapatkan. Untuk lari pagi saat pandemi ini jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.


Sejumlah penelitian menyebut lari sekira jam 6-8 pagi akan menurunkan tekanan darah. Sementara lari di jam 7 pagi akan membantu membuat tidur lebih nyenyak. Jika Anda khawatir bangun kesiangan, manfaat lari pagi jam 10 pun masih baik untuk dilakukan. Selama kondisi udara masih bersih. Setidaknya lakukan selama 12 menit atau lebih [1].


Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika Anda rutin lari pagi? Berikut penjelasannya.


Tidur lebih berkualitas
Lari pagi meningkatkan tubuh Anda untuk terpapar sinar matahari pagi. Studi menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan memiliki jam biologis yang lebih teratur, sehingga bisa tidur lebih cepat di malam hari.

Selain itu, studi dari Sleep Medicine 2017, olahraga pagi begitu baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Terutama bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur [2].

Menjaga kesehatan paru-paru
Kondisi pagi dengan oksigen yang tinggi dan udara masih bersih.
Saat berlari, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan meningkatkan frekuensi napas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen. Terlebih lagi kondisi pagi dengan oksigen yang tinggi dan udara yang masih bersih. Hal sederhana ini yang akan membuat paru-paru lebih sehat [2].

Menjaga kesehatan jantung
Selain menjaga kesehatan pada paru-paru ternyata berolahraga lari pagi juga berpengaruh pada tingkat kesehatan jantung. Kondisi yang membuatnya bekerja optimal dalam memompa darah. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari [2].

Meningkatkan daya tahan tubuh
Olahraga pagi terkenal mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Hal itu berimbas pada pembentukan sel imun yang baik. Meningkatnya imun akan membantu tubuh dalam menangkal virus dan bakteri [2].

Meningkatkan energi
Apakah Anda sering merasa cepat letih? Jika ya ini waktunya Anda untuk mencoba berolahraga lari pagi secara rutin. Karena, lari pagi sejatinya mampu meningkatkan stamina dalam menjalani aktivitas seharian penuh. Otak menjadi lebih fokus dan menghasilkan energi yang lebih tinggi.

Saat lari pagi, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin. Ini akan membantu membakar semangat dan membuat aura percaya diri lebih positif [2].

Mencegah jerawat
Selain berdampak pada kesehatan ternyata lari pagi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit lho. Manfaat lari pagi untuk kecantikan salah satunya bisa mencegah jerawat. Karena kondisi tubuh yang lebih rileks, baik untuk otak dan tubuh [2].

Stres yang berkurang akan meningkatkan produksi hormon endorfin dan minyak tubuh menjadi lebih stabil.

Kulit tampak lebih cerah
Jika Anda ingin mendapatkan manfaat vitamin E dari sinar matahari, namun takut kulit menjadi kusam. Pastikan untuk mengoleskan anti UV atau krim tabir surya [2].

Meski begitu, ada manfaat lari pagi yang jarang diketahui yakni membuat kulit jadi lebih cerah. Karena membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar.
Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika rutin berolahraga lari pagi. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai lari pagi yaitu:
Usahakan untuk sarapan dulu 45 menit sebelum lari pagi. Lari pagi pastinya akan menguras banyak tenaga dari tubuh. Karena itu Anda harus mempersiapkan kondisi tubuh yang terbaik sebelum lari pagi agar terhindar dari pusing dan lesu setelah olahraga. Caranya yaitu dengan menambah asupan tenaga dari sarapan [3].


Jangan lupa pemanasan. Tubuh dan otot pasti akan terasa kaku setelah beristirahat sepanjang malam.

Kalau Anda langsung mengajaknya berolahraga tanpa diregangkan terlebih dulu, Anda bisa terserang kram lho saat berlari! [3].


Pastikan tubuh selalu terhidrasi. Minum air saat berlari itu bisa menolong dari sakit kepala, kram otot dan juga rasa lelah, lho! Karena itu pastikanlah untuk minum air sebanyak 1-2 gelas saat bangun tidur dan pastinya setelah berolahraga [3].

Pemilihan sumber air minum untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang pastinya juga harus diperhatikan. Pilihlah sumber air minum yang baik untuk tubuh seperti AQUA yang telah lebih dari 48 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya.

Jangan lupa untuk sediakan AQUA sebelum dan sesudah berolahraga, agar kebutuhan hidrasi Anda dapat terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi.
Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?


Sumber:
*https://www.merdeka.com/trending/10-manfaat-lari-pagi-yang-baik-untuk-kebugaran-dan-pahami-waktu-yang-tepat.html#:~:text=Manfaat%20lari%20pagi%20sejatinya%20mampu,aura%20percaya%20diri%20lebih%20positif
*https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/24/103200323/manfaat-lari-pagi-bagi-kesehatan-bisa-kurangi-stres
*https://www.blibli.com/friends/blog/lari-pagi-lebih-baik/

Baca Berita SUKABUMI Lainnya Dibawah Ini Secara Lengkap Silahkan Scrol.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed