oleh

6 Cara Hidup Sehat Saat Stay at Home

-Uncategorized-124 views

Pandemi membuat kita wajib stay at home dan banyak yang mengubah lifestyle serta mencari cara hidup sehat. Penyebabnya karena jika tubuh bugar maka akan memiliki imunitas dan akhirnya bebas dari serangan corona. Tentunya juga dengan mempraktikkan protokol kesehatan 10M di rumah dengan sangat ketat.
Bagaimana cara untuk hidup lebih sehat? Sebenarnya tidak usah muluk-muluk, yang penting niat yang kuat untuk mengubah lifestyle walau belum 100% menerapkan clean eating di meja makan. Jika Anda sudah berniat maka akan memiliki tubuh bugar dan tidak gampang sakit karena penyakit apapun.
Ayo Olahraga! Ini Beberapa Cara Hidup Sehat Saat di Rumah Saja
Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda praktikkan dan mudah dilakukan dirumah, jika ingin mengubah gaya hidup jadi lebih sehat:

  1. Olahraga Minimal Seminggu 2 Kali
    Berolahraga merupakan langkah pertama untuk hidup lebih sehat dan bugar. Apalagi saat stay at home, jangan sampai kelamaan mager alias malas bergerak dan akhirnya jadi obesitas. Anda tidak mau terkena penyakit seperti kolesterol tinggi gara-gara jadi pemalas, bukan?
    Olahraga tidak harus dilakukan di Gym canggih, tetapi bisa dipraktekkan di rumah. Lakukan yoga, senam aerobik, zumba, atau sekadar peregangan badan minimal 15 menit dalam sehari. Praktikkan olahraga minimal seminggu 2 kali agar tubuh lebih sehat dan aliran darah jadi lebih lancar. Keuntungan lain adalah badan tidak mudah kelelahan walau beraktivitas di rumah hingga berjam-jam lamanya.
  2. Makan Serat dengan Porsi yang Lebih Banyak
    Sudahkah Anda makan sayuran atau buah-buahan hari ini? Konsumsi serat juga merupakan cara hidup sehat yang mudah untuk dilakukan, karena bisa menyehatkan usus dan melancarkan pencernaan. Jika kurang suka buah maka dijus saja atau dijadikan smoothies, atau sayuran dijadikan salad, kol gulung, atau masakan lain yang Anda suka.
    Serat juga bisa didapatkan dari bebijian, jadi pilih roti gandum daripada roti putih, karena mengandung biji gandum yang kaya serat. Selain itu, saat masak nasi di rice cooker, bisa dicampur dengan biji-bijian, yang bisa Anda beli di gerai supermarket ternama.
  3. Tidur Minimal 7 jam dalam Sehari
    Saat stay at home Anda masih harus berdisiplin dengan waktu tidur, walau tidak terlalu terikat oleh jam kantor, karena durasi work from home yang lebih fleksibel. Tidurlah minimal 7 jam dalam sehari dan jangan keterusan begadang lalu aktif di grup ini dan itu. Jika durasi tidur mencukupi maka tubuh akan sehat dan tidak mudah loyo, lalu penyakit akan menjauh dengan sendirinya.
  4. Batasi Penggunaan Gawai
    Cara hidup sehat yang selanjutnya adalah membatasi penggunaan berbagai gawai, mulai dari smartphone sampai laptop. Memang saat work from home mau tak mau kerja di depan komputer lebih sering, tetapi tiap 30 menit usahakan untuk berdiri lalu berjalan sebentar, agar peredaran darah di kaki lancar dan mata sehat karena tidak menatap layar terlalu lama. Saat selesai, matikan saja HP dan jangan keasyikan nonton sampai tengah malam, karena otak dan tubuh bisa overload.
  5. Kurangi Konsumsi Gula, Kafein, dan Minyak Goreng
    Kurangi gula jika ingin kadar gula stabil, dan kafein yang terlalu banyak juga membuat kinerja jantung terbebani. Batasi konsumsi gorengan karena bisa menaikkan kolesterol. Makan enak tidak harus berminyak, bukan? Jadi mulailah untuk makan sayur dan lauk rebus atau kukus, sedap dan sehat.
  6. Minum Air Mineral Minimal 8 Gelas dalam Sehari
    Jangan lupa untuk mempertahankan cara hidup sehat dengan banyak-banyak minum air mineral, kalau bisa minimal 2 liter sehari. Saat work from home, sediakan botol atau gelas besar di meja kerja di rumah, agar tidak lupa untuk meminumnya. Tubuh akan jauh lebih bugar dan segar rasanya.
    Air mineral yang dikonsumsi pasti AQUA karena terpercaya dan menjadi pionir di Indonesia. Bapak Tirto Utomo sebagai pendirinya berkomitmen untuk menjaga kesehatan rakyat Indonesia dan menyediakan air mineral yang higienis dan berkualitas nomor wahid.
    AQUA mengandung berbagai mineral yang berkhasiat untuk tubuh. [1] Selenium, Natrium, Kalsium, dan Magnesium adalah 4 mineral yang terkandung di air mineral ini, jadi tak hanya segar tetapi juga berkhasiat untuk tubuh. Magnesium bisa menjaga Anda dari penyakit jantung koroner yang berbahaya dan menurunkan tekanan darah, jadi baik untuk penderita hipertensi.
    Kalsium menjaga tulang agar kuat dan tidak mudah osteoporosis, jadi minumlah AQUA sejak muda agar tubuh bugar dan tulang strong. Sedangkan natrium berfungsi untuk menyehatkan pencernaan sehingga usus lebih sehat, dan selenium bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Sehingga tidak mudah terkena virus termasuk covid-19.
    AQUA punya 3 perlindungan dan menjadi air mineral wajib di tiap rumah, yakni mineral alami (yang disebutkan di atas) terlindungi dan prosesnya teliti sehingga aman untuk para konsumen. Selain itu, pengolahan air mineral ini juga sangat ramah lingkungan karena sumber mata airnya sangat terlindungi.
    Bagaimana, sudah siap untuk menjaga lifestyle dan menemukan cara hidup sehat walau di tengah pandemi? Kita bisa makan yang bergizi dan mengandung serat, mengurangi konsumsi minyak, gula, dan kafein, serta rajin olahraga agar tetap bugar. Jangan lupa konsumsi air mineral minimal 2 liter sehari dan minumlah walau belum haus benar.

Sumber artikel:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/wajib-tahu-5-gaya-hidup-baru-di-masa-pandemi
  2. https://primayahospital.com/covid-19/tetap-sehat-selama-wfh/
  3. https://www.alodokter.com/tips-tetap-sehat-saat-menjalani-work-from-home-wfh
  4. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-yang-baik-untuk-tubuh/

Baca Berita SUKABUMI Lainnya Dibawah Ini Secara Lengkap Silahkan Scrol.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed